Senin, 02 Januari 2012

Pentingnya Memahami Pelanggan



Pentingnya Memahami PelangganDi masa lalu, banyak Perusahaan melakukan pengeluaran besar-besaran untuk menjaring sebanyak mungkin pasar.  Tapi saat ini banyak yang sadar bahwa sebenarnya cukup dengan memelihararelasi pelanggan yang kuat. Dengan cara ini justru hasil yang di dapat bisa lebih besar. Mengapa?

Kita tentu setuju, jika konsumen adalah aset yang sangat berharga bagi perusahaan sehingga harus di pelihara. Tahu adalah bicara tentang data-data konsumen yang mungkin tertera pada kartu identitas (KTP). Memahami adalah berbicara tentang hal yang lebih dalam, misal : apa yang membuat mereka membeli produk anda?

Alasan perusahaan tidak mau memahami konsumen
  • Hubungan dengan konsumen sudah terlalu lama, sehingga perusahaan tidak perlu belajar apa-apa lagi
  • Bagian penjualan, toko atau showroom terpisah dengan bagian lain dari perusahaan
  • Mengembangkan pelayanan konsumen di anggap pemborosan, makan biaya dll.
  • Pemakain tekhnologi seperti transaksi online memang baik tapi banyak perusahaan menganggap hal itu sebagai pengganti interaksi personal.
Memahami 4 sikap khas konsumen masa kini :
  1. Konsumen selalu menuntut lebih.
    kebutuhan yang berkembang, gaya hidup yang berubah dll..hal itu akan membuat konsumen selalu menuntut lebih dari anda.
  2. Konsumen Mudah Berubah.
    Konsumen juga mudah bosan dan berpindah jika anda terlalu lama atau bertele-tele dalam menawarkan produk.
  3. Konsumen lebih bisa memilih referensinya.
    Konsumen sekarang lebih percaya dengan komunitas atau orang-orang sekelilingnya.
  4. Konsumen membentuk komunitasnya sendiri.
    Banyak orang lebih percaya berita yang mereka dapatkan di forum, ketimbang di surat kabar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar